
Pemberitahuan Pelindungan Data Pribadi
Pemberitahuan Pelindungan Data Pribadi
(PRIVACY NOTICE)
PT Bank Multiarta Sentosa Tbk
Tanggal Diperbaharui: 31 Juli 2025
PT Bank Multiarta Sentosa Tbk (selanjutnya disebut "Bank MAS") merupakan lembaga jasa keuangan berupa Bank yang tunduk kepada hukum yang berlaku di Indonesia. Laman Pemberitahuan Pelindungan Data Pribadi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada Anda tentang bagaimana Bank MAS melakukan pemrosesan dan pelindungan data pribadi Anda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan terkait dengan pelindungan data pribadi yang berlaku di Indonesia.
Dasar Pemrosesan Data Pribadi Anda
Pemrosesan data pribadi Anda oleh Bank MAS didasarkan pada salah satu atau lebih dasar hukum berikut:
- Persetujuan yang Sah dari Subjek Data Pribadi:
Bank MAS akan memproses data pribadi Anda berdasarkan persetujuan yang telah Anda berikan secara sukarela, eksplisit, dan tertulis (termasuk secara elektronik) setelah Anda mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap mengenai tujuan pemrosesan data tersebut. Persetujuan ini dapat Anda tarik kembali sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
- Pemenuhan Kewajiban Perjanjian:
Pemrosesan data pribadi Anda diperlukan untuk pelaksanaan suatu perjanjian di mana Anda adalah salah satu pihak di dalamnya, atau untuk memenuhi permintaan Anda dalam rangka persiapan atau pembentukan perjanjian tersebut. Contohnya, pembukaan rekening, pengajuan pinjaman, atau penggunaan layanan perbankan lainnya.
- Pemenuhan Kewajiban Hukum Bank MAS:
Bank MAS dapat memproses data pribadi Anda untuk memenuhi kewajiban hukum yang berlaku bagi Bank MAS, seperti kewajiban pelaporan kepada pihak yang berwenang (misalnya Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan/PPATK), kepatuhan terhadap peraturan anti pencucian uang, pendanaan terorisme dan pendanaan proliferasi senjata pemusnah masal atau putusan pengadilan.
- Pemenuhan Kepentingan Vital Subjek Data Pribadi:
Pemrosesan data pribadi Anda mungkin dilakukan untuk melindungi kepentingan vital Anda sebagai subjek data pribadi, dalam hal Anda tidak dapat memberikan persetujuan karena alasan fisik atau hukum.
- Pelaksanaan Tugas dalam Kepentingan Umum atau Pelaksanaan Kewenangan Bank MAS
Pemrosesan data pribadi dapat dilakukan untuk pelaksanaan tugas dalam rangka kepentingan umum atau pelaksanaan kewenangan yang diberikan kepada Bank MAS berdasarkan peraturan perundang-undangan.
- Kepentingan yang Sah dari Bank MAS atau Pihak Lain:
Pemrosesan data pribadi dapat didasarkan pada kepentingan yang sah dari Bank MAS atau pihak lain yang sejalan dengan tujuan pemrosesan, dengan mempertimbangkan keseimbangan antara kepentingan tersebut dan hak-hak dasar serta kebebasan fundamental Anda sebagai Subjek Data Pribadi. Kepentingan yang sah ini akan dipertimbangkan secara cermat dan tidak akan merugikan hak-hak privasi Anda.
Tujuan Pemrosesan Data Pribadi Anda
Bank MAS melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda untuk tujuan antara lain:
- Terkait dengan produk, layanan ataupun infrastruktur Bank MAS
- Penyelenggaraan dan pengembangan layanan Bank MAS
- Memastikan pemenuhan hak dan kewajiban Bank MAS dan Anda sesuai dengan perjanjian/perikatan yang dilakukan Bank dengan Anda
- Dalam rangka analisis kelayakan pemberian produk atau layanan kepada Anda ataupun pemberian fasilitas kredit kepada Anda.
- Penawaran produk atau layanan Bank MAS atau pihak lain yang bekerja sama dengan Bank MAS. Bank MAS dengan Persetujuan yang telah diberikan Anda kepada Bank MAS dapat menghubungi Anda pada hari & jam kerja Bank melalui sarana komunikasi pribadi Anda (seperti telepon, pesan instan, email, dll) untuk melakukan penawaran produk atau layanan yang diselenggarakan Bank MAS sendiri atau diselenggarakan Bank MAS beserta dengan mitra yang telah bekerja sama dengan Bank MAS.
- Tindakan pengamanan bagi Anda, seperti pemrosesan data pribadi untuk fraud detection system dalam rangka membantu Bank MAS mencegah Anda menjadi korban kejahatan yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Tujuan lainnya sepanjang memiliki dasar hukum pemrosesan data pribadi.
- Terkait dengan hubungan ketenagakerjaan
- Proses seleksi calon karyawan Bank MAS
- Pemrosesan data pribadi untuk tujuan kepegawaian, seperti pembayaran gaji, promosi, demosi, mutasi, asuransi kesehatan, sertifikasi, pelatihan, pelaporan pajak, penyediaan kartu nama, dsb.
- Pemenuhan kewajiban Bank MAS dan pengelolaan risiko seperti diantaranya pencegahan fraud melalui program pemantauan gaya hidp pegawai (know your employee), penerapan pengaman data pribadi yang dikendalikan Bank MAS melalui Data Loss Protection (DLP), pemasangan CCTV di area kerja, dsb.
- Tujuan lainnya sepanjang memiliki dasar hukum pemrosesan data pribadi.
- Terkait dengan pemenuhan kewajiban kontraktual/perjanjian
- Proses pengadaan, termasuk pengadaan barang, jasa, penyediaan jasa TI oleh pihak lain kepada Bank MAS, dan alih daya Bank MAS.
- Proses penilaian kinerja, pengendalian & pemantauan intern oleh Bank MAS serta audit yang dilakukan Bank MAS atau pihak yang ditunjuk Bank MAS atau Pihak lain yang berwenang terkait dengan proses pengadaan maupun pelaksanaan pekerjaan/perjanjian.
- Dalam rangka pencegahan penyuapan atau korupsi.
- Dalam rangka pemenuhan kewajiban Bank, seperti pembayaran oleh Bank MAS kepada Anda sesuai Perjanjian yang disepakati.
- Tujuan lainnya sepanjang memiliki dasar hukum pemrosesan data pribadi.
- Pemenuhan Kewajiban Hukum Bank MAS
- Memenuhi ketentuan terkait penerapan program anti pencucian uang, pencegahan pendanaan terorisme, dan pencegahan pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal di sektor jasa keuangan.
- Pemenuhan permintaan laporan atau informasi atau pelaksanaan tindakan tertentu sesuai aturan dari Pihak Berwenang (badan, regulator atau lembaga yang berwenang sesuai ketentuan hukum yang berlaku).
- Proses penyelesaian sengketa, baik di dalam maupun di luar pengadilan.
- Menjalankan putusan pengadilan, arbitrase atau lembaga penyelesaian sengketa lainnya yang telah berkekuatan hukum tetap.
- Melaksanakan audit yang dilakukan oleh internal Bank MAS ataupun oleh Pihak Eksternal yang ditunjuk Bank MAS atau atas penunjukan Pihak Berwenang sesuai dengan ketentuan perusahaan atau ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
- Tujuan lainnya sepanjang memiliki dasar hukum pemrosesan data pribadi.
- Tujuan lain yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Data Pribadi Anda yang Bank MAS Kumpulkan
Bank MAS dapat mengumpulkan berbagai jenis data pribadi Anda, termasuk namun tidak terbatas pada:
- Data Identitas
Mencakup informasi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, kewarganegaraan, agama, nama gadis ibu kandung, alamat tempat tinggal yang terdapat dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP), alamat tempat tinggal domisili, nomor induk kependudukan (NIK) yang terdapat dalam KTP, nomor paspor, nomor pokok wajib pajak (NPWP), foto, video, tanda tangan, informasi terkait anggota keluarga, dan data biometri (seperti sidik jari atau pengenalan wajah).
- Data Kontak
Seperti diantaranya alamat email, nomor telepon (rumah, kantor, dan seluler), serta informasi kontak lainnya yang Anda berikan.
- Data Finansial
Data ini meliputi diantaranya informasi rekening bank, riwayat transaksi, saldo rekening, rincian pembayaran, informasi kartu kredit/debit yang Anda miliki, informasi pinjaman, riwayat kredit, pendapatan, dan informasi keuangan lainnya yang relevan dengan produk atau layanan Bank MAS yang Anda gunakan.
- Data Transaksi
Mencakup diantaranya rincian mengenai produk dan layanan perbankan yang Anda beli atau gunakan, termasuk jumlah, waktu, dan pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi.
- Data Demografi:
Seperti informasi pekerjaan, pendidikan, dan preferensi gaya hidup.
- Data Teknis dan Penggunaan
Ketika Anda mengakses layanan digital Bank MAS (seperti mobile banking atau internet banking), Bank MAS dapat mengumpulkan data teknis seperti alamat IP, jenis perangkat, sistem operasi, lokasi geografis, informasi log, dan data penggunaan aplikasi atau situs web.
- Data Lain yang Disediakan oleh Anda
Informasi apa pun yang secara sukarela Anda berikan kepada Bank MAS dalam korespondensi, survei, atau interaksi lainnya.
Pengumpulan data pribadi ini dilakukan untuk tujuan yang sah, spesifik, dan jelas, serta akan diproses secara terbatas dan proporsional dengan tujuannya.
Bank MAS akan memastikan bahwa data pribadi Anda hanya digunakan untuk tujuan yang telah diinformasikan dan disetujui, serta tidak akan digunakan untuk tujuan lain tanpa pemberitahuan dan/atau persetujuan tambahan dari Anda, kecuali diwajibkan oleh hukum.
Pengamanan dan Penyimpanan Data Pribadi Anda
- Lokasi Penyimpanan Data Pribadi
Data pribadi Anda dapat disimpan dalam pusat data yang berlokasi di Indonesia atau di luar wilayah Indonesia, sesuai dengan kebutuhan operasional Bank MAS yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Bank MAS memastikan bahwa setiap penyimpanan data di luar wilayah Indonesia akan tetap mematuhi standar perlindungan data pribadi yang setara dengan ketentuan UU PDP, termasuk melalui perjanjian dan mekanisme yang sah untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data Anda.
- Keamanan Penyimpanan Data Pribadi
Bank MAS menerapkan langkah-langkah keamanan teknis dan organisasi yang kuat untuk melindungi data pribadi Anda dari akses tidak sah, pengungkapan, perubahan, atau penghancuran. Langkah-langkah ini berupa namun tidak terbatas pada:
- Penerapan teknologi anonimisasi.
- Enkripsi data untuk melindungi informasi saat transit dan saat disimpan.
- Kontrol akses yang ketat untuk memastikan hanya personel yang berwenang yang dapat mengakses data pribadi Anda.
- Sistem keamanan jaringan (firewall) dan pemantauan keamanan untuk mendeteksi dan mencegah ancaman siber.
- Prosedur operasional standar (SOP) dan pelatihan rutin bagi karyawan Bank MAS mengenai praktik terbaik perlindungan data pribadi.
- Jangka Waktu Penyimpanan Data Pribadi
Bank MAS akan menyimpan data pribadi Anda selama diperlukan untuk memenuhi tujuan pengumpulannya. Setelah jangka waktu penyimpanan terpenuhi atau tujuan pemrosesan data pribadi berakhir, kami akan menghapus atau memusnahkan data pribadi Anda secara aman, kecuali jika diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan lain untuk menyimpannya lebih lama atau Anda memberikan persetujuan untuk tujuan penyimpanan yang spesifik.
Bank MAS berkomitmen untuk terus meningkatkan langkah-langkah keamanan data seiring dengan perkembangan teknologi dan regulasi.
Pelaksanaan Hak Anda Sebagai Pemilik Data
Anda selaku Pemilik Data (Subjek Data Pribadi) memiliki hak-hak yang dapat Anda ajukan kepada Bank MAS. Untuk melaksanakan hak-hak Anda, silakan menghubungi Bank MAS dengan merujuk pada Bagian “Hubungi Kami”.
Berikut adalah ringkasan hak-hak Anda yang dapat Anda ajukan kepada Bank MAS melalui permintaan tercatat:
- Hak untuk Mendapatkan Informasi
Anda berhak mengajukan pemerolehan informasi mengenai kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan dan penggunaan Data Pribadi, serta akuntabilitas pihak yang meminta Data Pribadi.
- Hak untuk Memperbaiki Data Pribadi
Anda berhak mengajukan permintaan kepada Bank MAS untuk memperbaiki atau melengkapi Data Pribadi Anda yang tidak akurat, tidak lengkap, atau tidak relevan.
- Hak untuk Mengakses Data Pribadi
Anda berhak untuk memperoleh akses dan mendapatkan salinan Data Pribadi Anda yang Bank MAS proses, termasuk informasi mengenai riwayat pemrosesan data tersebut.
- Hak untuk Memusnahkan dan/atau Menghapus Data Pribadi
Anda berhak mengajukan permintaan kepada Bank MAS untuk memusnahkan dan/atau menghapus Data Pribadi Anda, jika:
- Data Pribadi tidak lagi relevan dengan tujuan pengumpulannya.
- Anda telah menarik persetujuan pemrosesan Data Pribadi.
- Pemrosesan Data Pribadi dilakukan secara melawan hukum.
- Pemusnahan dan/atau penghapusan Data Pribadi tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
- Hak untuk Menarik Kembali Persetujuan
Anda berhak mengajukan penarikan kembali persetujuan yang telah diberikan untuk pemrosesan Data Pribadi Anda, kecuali jika pemrosesan tersebut didasarkan pada dasar hukum lain yang sah (misalnya, kewajiban hukum). Penarikan persetujuan tidak mempengaruhi keabsahan pemrosesan Data Pribadi yang telah berlangsung berdasarkan persetujuan yang diberikan sebelumnya.
- Hak untuk Menunda atau Menolak Pemrosesan Data Pribadi Otomatis:
Anda berhak mengajukan penundaan atau penolakan pemrosesan Data Pribadi yang semata-mata didasarkan pada pemrosesan secara otomatis, termasuk pemrofilan, yang menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan pada Anda.
- Hak untuk Membatasi Pemrosesan Data Pribadi:
Anda berhak mengajukan permintaan kepada Bank MAS untuk membatasi pemrosesan Data Pribadi Anda dalam kondisi tertentu, misalnya jika Anda menyanggah keakuratan Data Pribadi Anda, atau pemrosesan tersebut tidak sah, atau Data Pribadi tidak lagi kami perlukan, tetapi Anda memerlukannya untuk penegakan hukum.
Selain itu, Anda juga berhak untuk melakukan:
- Hak untuk Menggugat dan Menerima Ganti Rugi
Anda berhak mengajukan gugatan serta menerima ganti rugi dari Bank MAS apabila Bank MAS terbukti melakukan pelanggaran pemrosesan Data Pribadi Anda.
- Hak untuk Memindahkan Data Pribadi (Portabilitas Data):
Anda berhak mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi Anda dari Bank MAS dalam bentuk terstruktur, lazim digunakan, dan dapat dibaca oleh mesin, serta berhak memindahkan Data Pribadi tersebut kepada Pengendali Data Pribadi lainnya.
Pembaruan atau Perubahan terhadap Pemberitahuan PDP
Bank MAS dapat meninjau kembali dan mengubah Pemberitahuan PDP ini dari waktu ke waktu. Setiap perubahan akan diberitahukan pada halaman ini dan mohon untuk meninjau pemberitahuan PDP ini secara berkala.
Hubungi Kami
Jika Anda memiliki pertanyaan atau keluhan sehubungan dengan pemberitahuan PDP ini, silakan untuk menghubungi melalui informasi kontak yang tercantum pada laman: https://www.bankmas.co.id/id/kontak-kami/