Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah inklusi keuangan? Istilah inklusi keuangan sudah sering dibicarakan di dunia keuangan. Bahkan, sejak tahun 2016 OJK telah menginisiasi Bulan Inklusi Keuangan yang diperingati setiap bulan Oktober tiap tahunnya.
Untuk kamu yang masih asing atau belum pernah mendengar istilah inklusi keuangan, kamu bisa baca artikel ini untuk lebih memahami apa itu inklusi keuangan.
Apa itu Inklusi Keuangan
Menurut POJK Nomor 76/POJK.07/2016, inklusi keuangan adalah ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka kesejahteraan masyarakat.
Inklusi keuangan dibentuk untuk menutup kesenjangan akses layanan keuangan dari unbanked people atau masyarakat yang belum memiliki rekening bank karena tidak memiliki akses layanan perbankan dasar seperti tabungan dengan masyarakat yang telah memiliki rekening dan memperoleh akses layanan keuangan lainnya seperti asuransi, pembiayaan, program pensiun, dan investasi yang menunjang taraf hidup menjadi lebih baik.
Ada beberapa alasan mengapa kesenjangan tersebut terjadi, yaitu karena price barrier (keterbatasan biaya), information barrier (keterbatasan informasi), design product barrier (produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat), dan channel barrier (sarana yang sesuai).
Inklusi keuangan diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut dengan memberikan manfaat sebagai berikut:
- Meningkatkan efisiensi ekonomi
- Mendukung stabilitas keuangan
- Mengurangi shadow banking atau irresponsible finance.
- Mendukung peningkatan human development index (HDI) Indonesia.
- Kontribusi positif terhadap pertumbuhan eknonomi lokal dan nasional yang berkelanjutan
- Mengurangi kesenjangan (inequality) dan rigiditas low-income trap, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan tingkat kemiskinan.
Tujuan Inklusi Keuangan
Dalam POJK, tujuan inklusi keuangan meliputi:
- Meningkatnya akses masyarakat terhadap lembaga, produk dan layanan jasa keuangan PUJK.
- Meningkatnya penyediaan produk dan/atau layanan jasa keuangan oleh PUJK yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat.
- Meningkatnya penggunaan produk dan/atau layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat.
- Meningkatnya kualitas penggunaan produk dan layanan jasa keuangan sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat.
Upaya Bank MAS untuk Menyukseskan Inklusi Keuangan
Untuk mendukung program inklusi keuangan, Bank MAS saat ini juga memberikan kemudahan layanan akses perbankan dengan membuka tabungan MAS Saving secara online melalui aplikasi MAS Mobile dari mana pun dan kapan pun.
Aplikasi MAS Mobile juga memiliki beragam fitur menarik untuk memudahkan kebutuhan transaksimu seperti transfer, isi pulsa, top-up e-wallet, dan bayar beragam tagihan. Info lengkap MAS Mobile bisa kamu cek di sini.
Untuk kamu yang ingin langsung menggunakan MAS Mobile, klik link di bawah dan nikmati kemudahan transaksi di mana pun dan kapan pun.
Sumber: