Penggunaan QRIS untuk transaksi sehari-hari kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat umum karena penggunaannya yang mudah dan cepat. Penggunaan QRIS yang semakin masif tentunya juga harus dibarengi dengan kehati-hatian dalam bertransaksi menggunakan QRIS agar transaksi tetap aman dan nyaman.
Kamu bisa baca beberapa tips menggunakan QRIS berikut agar transaksimu tetap aman dan semakin nyaman.
-
Pastikan kewajaran lokasi pemasangan QRIS
Sebelum melakukan scan QRIS, kamu harus memastikan jika QRIS dipasang di lokasi yang wajar, dan QRIS tersebut asli atau tidak ditutupi oleh QRIS lainnya yang tidak sesuai dengan nama merchant.
Jika kamu merasa curiga karena QRIS dipasang di lokasi yang tidak wajar di luar sekitar toko/merchant atau QRIS yang terlihat tidak sesuai, lebih baik kamu pastikan kembali QRIS tersebut benar milik toko/merchant tersebut.
-
Pastikan nama tujuan QRIS sesuai dengan nama merchant yang muncul di layar handphone saat scan QRIS
Sebelum bayar pakai QRIS, kamu harus pastikan nama merchant yang muncul di layar handphone sama dengan nama merchant yang ada di logo QRIS. Bisa jadi, nama merchant yang muncul di handphone tidak sesuai dengan nama merchant di logo QRIS yang terpasang karena kamu salah scan atau logo QRIS yang ada di merchant telah diganti oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan keuntungan pribadi mereka.
Jika nama yang muncul di handphone tidak sesuai, kamu bisa konfirmasi langsung ke pihak merchant untuk konfirmasi kesesuaian nama QRIS di handphone dengan stiker QRIS yang ada di merchant.
-
Memastikan kesesuaian nominal dan notifikasi keberhasilan transaksi
Setelah proses bayar pakai QRIS selesai, kamu juga perlu cek kembali notifikasi transaksi telah sesuai dengan nominal yang semestinya kamu bayarkan. Jika terjadi ketidaksesuaian di nominal transaksi seperti kelebihan atau kekurangan bayar, kamu bisa menghubungi pihak merchant untuk mengurus kelebihan atau kekurangan bayar tersebut.
-
Mengadukan kepada penyelenggara QRIS (PJP) apabila menemukan perbedaan nama merchant maupun nominal
Kemudahan penggunaan QRIS saat ini juga dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk modus kejahatan seperti menggganti QRIS. Jika kamu menemukan ketidaksesuaian nama merchant maupun nominal karena modus kejahatan tersebut, kamu bisa mengadukan ke Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) terkait.
Untuk nasabah Bank MAS, kamu bisa menghubungi call center Bank MAS di nomor 1500011, email care@bankmas.co.id untuk nasabah umum, dan merchant.care@bankmas.co.id untuk merchant.
Sumber :
Panduan Program Komunikasi Manfaat QRIS bagi Masyarakat – Bank Indonesia & ASPI